Cara Install Xampp di Windows

Xampp merupakan webserver opensource yang dikembangkan oleh ApacheFriends. Sebenarnya ada banyak sekali webserver namaun xampp merupakan webserver yang paling banyak digunakan oleh para developer web. Selain performnya yang bagus xampp menwarkan paket komplit, yaitu di dalam Xampp terdapat beberapa service yang sangat dibutuhkan dalam mengembangkan aplikasi berbasi web. Paket-paket yang ada pada Xampp adalah sebagai berikut:

1. Apache : Sebagai webserver dan tempat aplikasi disimpan.
2. MySQL : Sebagai Pengolahan / manajemen data aplikasi.
3. PHP / Python : Mendukung Bahasa Pemrograman server side php dan python.
4. FileZilla FTP Server : Sebagai tool uploads dan download file antara server dan client.
5. Tomcat.
6. Xampp Control Panel : Navigasi service.

 

Untuk proses installasi Xampp, mari simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Download Paket Xampp di sini.

2. Setelah proses download selesai, jalankanfile exe tersebut dengan cara double click atau cklick kanan open, sehingga akan muncul tampilan pengaturan bahasa.

cara Install xampp

3. Silahkan pilih bahasa yang akan anda gunakan, lalu tekan OK. Biasanya ketika proses berhasil maka akan muncul jendela seperti dibawah ini.

cara Install xampp langkah

4. Abaikan saja jendela tersebut dengan menekan tombol OK dan Yes.

5. Selanjutnya adalah rekomendasi supaya anda menutup semua proses yang sedang berjalan. Setelah itu silahkan tekan tombol next.

cara Install xampp lengkap

6. Berikutnya adalah jendela pilihan paket yang akan diinstall, silahkan check all paket jika anda akan memasang semua paket xampp.

cara Install xampp package

7. Proses selanjutnya adalah pilihan lokasi aplikasi disimpan, secara default aplikasi akan disimpan pada local c: , namun anda dapat mengubahnya dimanapun yang anda inginkan. Setelah path terpilih selanjutnya tekan iinstall.

cara Install xampp Path

8. Biarkan proses installasi berjalan dan tunngu sampai selesai. Jika proses install berhasil makan akan tampil jendela yang berisi pertanyaan apakah anda ingin menjalankan service xampp?

cara Install xampp 1.

Proses instalasi telah berhasil, langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi xampp. Untuk menjalankan xampp silahkan buka control panel xampp anda, dengan cara klick kiri start menu lalu pilih xampp control panel. Tekan action Start pada service Apache dan MySQL.

cara Install xampp Control panel

Langkah terakhir pada tahap ini adalah menjalankan aplikasi tersebut melalui browser. bukalah browser kesayangan anda lalu masukan alamat http://localhaost , sehingga akan muncul jendela dibawah ini.

cara Install xampp home

 

(Visited 103 times, 1 visits today)

Related Posts

SIDARI Sistem Informasi Daerah Irigasi

Daerah irigasi merupakan sekumpulan area / lahan yang terdapat air dari satu atau beberapa jaringan irigasi. Di dalam sebuah daerah irigasi juga terda...