Framework PHP terbaik

PHP (PHP Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam mengembangkan web. Lebih dari 50% website yang ada dibangun menggunakan PHP. Bagi seorang Developer PHP tentu harus tau bagaimana menyederhanakan kerangka pemrograman, serta bagaimana membuat suasana menjadi nyaman ketika developing program.

Jawaban dari semua itu adalah Framework. Framework memudahkan developer dalam menulis sebuah program, dan juga dapat menyederhanakan langkah-langkah. Framework menggunakan konsep pemrograman OOP / Object Oriented Programming atau dalam bahasa Indonesia PBO / Pemrograman Berorintasi Objek.

OOP merupakan Konsep baru dalam metode pengembangan software, sebelumnya adalah konsep Prosedural. Dengan adanya framework dengan model MVC (Model, View, dan Controller) membuat kita semakin mudah dan cepat dalam mengembangan sebuah aplikasi. MVC merupakan konsep pemrograman dengan memisahkan antara script aksi, database, dan view. Menggunakan konsep MVC penulisan kode lebih teratur, mudah dipahami dan juga mudah diperbaiki jika terjadi kesalahan.

Sebenarnya ada banyak sekali framework dalam pemrograman PHP, namun pada posting kali ini saya hanya akan menguraikan beberapa framefork yang paling banyak digunakan. Beriku merupakan 5 Framework PHP terbaik.

Laravel Framework

Laraevel tergolong framework baru, laravel merupakan turunan dari symfony. Meskipun usianya belum lama kini laravel sudah sampai versi ke 5. Laravel merupakan framework terpopuler dikalangan pengembang PHP (Sumber: Lihat disini )

Symfony Framework

Symfony adalah framework PHP dengan desain yang sangat rapi dan kode pemrograman yang bersih, sehingga membuat developer semakin nyaman saat menggunakan framework symfony.

CodeIgniter Framework

CodeIgniter merupakan framework paling fleksibel dibanding framework-framework yang lain. CodeIgniter kini dikelola oleh British Columbia Institute of Technology (BCIT) yang sebelumnya dikelola oleh ellislab. CodeIgniter kini sudah sampai versi 3.

Yii Framework

Yii Framework merupakan kerangka kerja pemrograman PHP yang didesain untuk mengembangkan software dengan skala besar. YII sendiri merupakan singkatan dari Yes It Is.

Zend Framework

Zend Framework merupakan framework tercepat dibanding dengan framework-framework yang lain. Kelebihan dari framework ini adalah lebih aman pada penggunaaan web service dan web 2, serta lebih reliable dan modern.

(Visited 125 times, 1 visits today)

Related Posts

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.