Kesalahan Mahasiswa dalam Skripsi

Assalamu’alaikum.

Skripsi adalah tahapan ujian final dalam proses ujian di perguruan tinggi untuk level Strata Satu / S1. Dengan adanya ujian karya tulis ilmiah ini diharapkan setiap sarjana mampu menerapkan ilmunya di kehidupan masyarakat. Tentunnya dengan langkah yang bijak sistematis, sehingga diajarkan dalam menyusun skripsipun tahapan dan aturan mainnya juga harus diperhatikan.

Kesalahan yang sering terjadi dikalangan mahasiswa dalam menghadapi skripsi adalah, memulai skripsi dari judul dan terlalu fokus mencari judul Skripsi. Hampir semua kawan mahasiswa yang saya temui, dan saya tanya bagaimana skripsinya ?  Jawabannya :

  1. Belum dapat judul, Susah mencari judul.
  2. Bantu carikan judul dong.
  3.  Judul saya ditolak dosen.
  4. Judul………………..
  5. ……………..judul…………..
  6. ……………….judul
  7. judul judul judul judul

Ketika saya tanya Topikmu apa ? Rumusan masalahnya apa? Metodologinya apa ?. Hampir semua jawaban mereka adalah belum/tidak tahu. Bagaimana bisa dapat judul orang yang mau dikerjakan saja belum tahu. disinilah letak kesalahan mahasiswa. Idealnya sebuah penelitian dimulai dari Masalah, kemudian kita rumuskan, kita pelajari sumber-sumber pendukung, cari permasalahan lain yang serupa, cari teori-teori pendukung, tentukan metodologi yang sesuai, cari hipotesa, baru kemudian bisa dengan mudah kita dapatkan judul yang sesuai.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan masalah, yang nanti ujungnya adalah simpulan dari langkah-langkah yang telah kita lakukan.

Jadi untuk adek-adek mahasiswa mulailah dari sekarang mencari referensi sebanyak banyaknya, temukan masalah, dan cari solusi……

Jangan terlalu fokus di JUDUL, nanti malah bingung ngerjain isinya…

Sekian… Semoga bermanfaat….

(Visited 35 times, 1 visits today)

Related Posts

SIDARI Sistem Informasi Daerah Irigasi

Daerah irigasi merupakan sekumpulan area / lahan yang terdapat air dari satu atau beberapa jaringan irigasi. Di dalam sebuah daerah irigasi juga terda...