Konsep Relasi Kardinalitas dan Modalitas dalam Database

Dalam mendesain database perlu dilakukan identifikasi hubungan tiap entitas. Entity Relationship Diagram merupakan solusi dalam menganalisa dan mengidentifikasi databasae. Relasi sendiri merupakan sekumpulan entitas yang saling berkaitan. Relasi dapat menggambarkan atau menjelaskan hubungan satu entitas dengan entitas lain. Contoh sederhananya adalah relasi dari entitas mahasiswa dengan kelas adalah relasi mengambil, mahasiswa mengambil kelas. Jadi nama relasi dapat diambil dari hubungan enitas yang saling berkaitan.

Setiap relasi entitas pasti memiliki batasan, atau dalam bahasa teorinya lebih dikenal dengan istilah Kardinalitas dan Modalitas. Tillman pada tahun 1999 dalam bukunya telah mendefinisikan kardinalitas sebagai berikut: “Kardinalitas merupakan spesifikasi dari sejumlah peristiwa dari satu objek yang dapat dihubungkan ke sejumlah peristiwa dari objek yang lain”, dikutip dari: Rekayasa Perangkat Lunak karya Roger Pressman, 2002: 358.

Kardinalitas dari relasi antar objek atau entitas dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:

One to one relationship / Relasi dari 1 ke 1

Suatu keadaan dimana entitas pertama hanya dibolehkan memiliki satu kejadian dengan entitas kedua dan berlaku sebaliknya. Misalnya, (1) satu makhluk hidup hanya mempunyai (1) satu nyawa, demikian juga satu (1) nyawa hanya dimiliki oleh satu (1) makhluk hidup. Simbol yang biasa digunakan untuk merepresentasikan relasi one to one seperti tampak gambar 2.5.

Ralasi One to One Database

Gambar 2.5. Simbol relasi one to one.

One to many relationship

Suatu keadaan dimana entitas pertama memiliki minimal satu (1) kejadian dengan entitas kedua, namun entitas kedua hanya memiliki satu (1) kejadian dengan entitas pertama. Misalnya, di Indonesia seseorang wajib meyakini satu (1) agama, namun satu (1) agama dapat diyakini oleh banyak orang. Simbol yang digunakan untuk merepresentasikan relasi one to many seperti tampak gambar 2.6.

Ralasi One to Many Database

Gambar 2.6. Simbol relasi one to many.

Many to many relationship

Suatu keadaan dimana entitas pertama minimal memiliki satu kejadian dengan entitas kedua, dan berlaku sebaliknya. Misalnya, seseorang dapat memiliki hobi lebih dari satu (1), dan sebaliknya satu (1) hobi dapat diminati oleh lebih dari satu orang. Simbol yang digunakan untuk merepresentasikan relasi one to many seperti tampak gambar 2.7.

Ralasi Many to Many Database

Gambar 2.7. Simbol relasi many to many.

Kardinalitas berfungsi untuk mendefiniskan jumlah maksimal kejadian dalam relasi atau hubungan antar entitas, akan tetapi tidak memberikan indikasi apakah setiap entitas harus berpartisipasi dalam sebuah relasi atau hubungan. Simbol yang digunakan dalam menggambarkan kardinalitas dan modalitas tampak seperti gambar 2.8.

Ralasi Kardinalitas dan Modalitas Database

Gambar 2.8. Kardinalitas dan modalitas.

Penjelasan dari gambar 2.8 diatas adalah, kode A merupakan representasi dari modalitas sedangkan kode B representasi dari Kardinalitas.

 

 

(Visited 3,795 times, 1 visits today)

Related Posts

SIDARI Sistem Informasi Daerah Irigasi

Daerah irigasi merupakan sekumpulan area / lahan yang terdapat air dari satu atau beberapa jaringan irigasi. Di dalam sebuah daerah irigasi juga terda...