Membuat Raster pada Webgis

Posting kali ini merupakan lanjutan dari posting sebelumnya mengenai layer pada webgis. Berbicara tentang layer webgis ada dua jenis layer yang perlu kita ingat yaitu layer vektor dan layer raster. Layer vektor sendiri terbagi menjadi 3 jenis / tipe yaitu point, line dan polygon.

Raster merupakan peta yang dapat kita peroleh dari hasil fotografi atau hasil foto satelite permukaan bumi. Berikut merupakan raster yang saya ambil dari google map untuk propinsi jawa tengah.

jateng

Biasanya raster pada webgis berupa gambar yang sudah ditentukan titik-titik kordinatnya. Gambar yang dipakai untuk layer raster harus di digitasi terlebih dahulu menggunakan tool maps, seperti quantum gis atau arcgis. Hasil dari diggitasi tersebut akan menghasilkan 1 file wld. Cara membuat file wld silahkan klik disini.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah memasang layer raster tersebut kedalam plikasi webgis yang akan kita buat. Kode mapscriptnya adalah sebagai berikut.
LAYER
  NAME "jawa-tengah"
  TYPE Raster
  STATUS ON
  DATA 'jawa-tengah.jpg'
  MINSCALE 4000000
  PROJECTION
    #"init=epsg:4326"
    "+proj=longlat +ellps=WGS84 +datum=WGS84 +no_defs  no_defs"
  END
  METADATA
    "DESCRIPTION"   "Raster Jawa Tengah"
    "LEGENDICON"    "images/legend/jawa-tengah.jpg"
    "ows_title"     "jawa-tengah"
  END
END
(Visited 99 times, 1 visits today)

Related Posts

Pelatihan Pemrograman Web (PHP + MySQL)

Ruang Media Solusi membuka pelatihan pemrograman web dengan spesifikasi sebagai berikut. Target Pelatihan Setelah peserta mengikuti pelatihan, d...

Pelatihan WebGIS Professional

WebGis merupakan perpaduan antara teknologi sistem informasi geografis dengan teknologi web. Dimana sistem informasi geografis dikemas dalam bahasa pe...

Leave a comment